KPU Sumenep Pertimbangkan Jalur Udara dalam Distribusi Logistik
Cari Berita

KPU Sumenep Pertimbangkan Jalur Udara dalam Distribusi Logistik

madura satu
Sunday, January 6, 2019

Distribusi logistik di wilayah kepulauan. foto/ilustrasi

SUMENEP - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep mempertimbangkan jasa transportasi udara (pesawat) untuk mengirimkan logistik ke wilayah kepulauan Sumenep.

Opsi penggunaan transportasi udara itu sebagai antisipasi atas kondisi cuaca laut yang tidak menentu.

Ketua KPU Sumenep Abdul Warits menyatakan, selama ini pendistribusian logistik Pemilu masih mengandalkan transportasi laut.

“Masih seperti biasanya, dalam pendistribusian menggunakan jalur laut dengan kapal. Iya itu untuk semua kepulauan, karena yang tersedia hanya jalur laut,” kata Abdul Warits, Senin (7/1/2019).

Melihat kondisi cuaca yang tidak menentu, kata Warist, pihaknya mempertimbangkan pendistribusian logistik Pemilu melalui jalur udara terutama bagi kepulauan terjauh seperti Masalembu.

“Kalau pada saat masa pendistribusian logistik ternyata cuaca buruk dan tidak memungkinkan melalui jalur laut, kami ada skema melalui jalur udara. Selama ini Masalembu yang paling susah,” ungkapnya.

Menurutnya, pilihan menggunakan jalur udara dalam pendistribusian logistik Pemilu untuk wilayah Kabupaten Sumenep bukan kali ini saja dilakukan. Pada Pilgub Jawa Timur beberapa tahun lalu langkah serupa pernah dilakukan akibat tidak ada kapal yang berangkat karena gelombang tinggi.

“Sementara belum ada (jadwal) pendistribusian, kalau sekarang kita masih menunggu jadwal dari KPU RI,” tutur Warist kepada kontributor madurasatu.

Wilayah perairan Kabupaten Sumenep memang rentan terhadap cuaca buruk saat masa musim penghujan, salah satunya di perairan Kepulauan Kangean dan Masalembu.

Kabupaten paling timur di Madura itu merupakan salah satu daerah yang terdiri dari banyak kepulauan. Dari 27 kecamatan di Kabupaten Sumenep, sembilan di antaranya berada di wilayah kepulauan. (pri/ros)