Pj Bupati: TNI dan Polri Harus Siapkan Mental
Cari Berita

Pj Bupati: TNI dan Polri Harus Siapkan Mental

madura satu
Thursday, October 25, 2018

Apel gelar pasukan pengamanan PSU Sampang. Foto/madurasatu

SAMPANG - Pj Bupati Sampang Jonathan Judianto meminta seluruh anggota Polri dan TNI yang bertugas menjaga suksesi PSU Pilkada Sampang agar menyiapkan mental. Itu karena proses PSU di Sampang diyakini menguras banyak tenaga.

Disamping itu, sambung orang nomor satu dilingkungan Pemkab Sampang tersebut, Polri dan TNI harus betul-betul menjalankan tugasnya sebagai pengayom masyarakat dengan baik yang dilandasi dengan komitmen, profesional, arif dan bijaksana.

"Upaya pengamanan ini, merupakan bentuk sinergitas antara polri, TNI dan pemerintah daerah dalam menghadapi pelaksanaan PSU. Sehingga pesta demokrasi diharapkan terlaksana dengan damai, kondusif dan sesuai harapan bersama," kata Jonathan, saat memimpin apel pasukan, di lapangan Wijaya Sampang, Kamis (25/10/2018).

Pada kesempatan yang sama, Jonathan juga berpesan agar pihak keamanan menjaga kondisi kesehatan selama melangsungkan tugasnya di lapangan, dengan begitu mereka bisa melaksanakan tugasnya dengan sebaik mungkin.

"Yang tidak kalah penting adalah, keamanan baik TNI maupun Polri tetap menjaga kearifan lokal dan memelihara keharmonisan dengan warga. Maka TNI dan Polri harus bisa mengedepankan pendekatan persuasif saat berkomunikasi dengan warga yang akan melaksanakan PSU ini,” harapnya.

Kapolres Sampang AKBP Budhi Wardiman mengatakan, upaya pengamanan PSU sudah diawali dengan apel gelar pergeseran pasukan operasi mantap praja semeru 2018. Sedangkan jumlah porsonel gabungan yang  diturunkan untuk pengamankan PSU di 1.450 Tempat Pengumutan Suara (TPS) sekitar 7 ribu personil.

"Perincianya sekitar 5 ribu dari jaran Polri dan 2 ribu dari personil TNI," kata Budhi.

Dia menjelaskan, pengamanan di setiap TPS pada hari pencoblosan akan dijaga oleh dua anggota polisi dan satu TNI. Sedang, untuk TPS yang dianggap rawan, pola pengamanannya bisa mencapai 10 personil.

”Saat ini semua personel pengamanan mulai dikerahkan untuk mengawal tahapan pelaksanaan PSU ini, seperti pengiriman kotak suara dan mulai menuju ke masing-masing TPS,”singkatnya. (idr/ros)