Pantau Persiapan PSU, Pangdam dan Kapolda Turun Gunung
Cari Berita

Pantau Persiapan PSU, Pangdam dan Kapolda Turun Gunung

madura satu
Tuesday, October 16, 2018

Acara silaturrahmi Pangdam V Brawijaya dan Kapolda Jatim bersama Pemkab Sampang. Foto/@madurasatu

SAMPANG - Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman dan Kapolda Jatim Irjen Lucky Hermawan mewanti-wanti agar pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) Pilkada Sampang bisa berjalan lancar, sukses dan kondusif.

Hal itu ditegaskan keduanya dalam acara silaturrahmi Pangdam V Brawijaya dan Kapolda Jawa Timur di pendapa Bupati Sampang, Selasa (16/10).

Pangdam V Brawijaya Arif Rahman menuturkan, kesiapan PSU di Sampang harus di support secara penuh oleh kesatuan TNI dan Polri. Hal itu semata-mata untuk menjaga kondusivitas kemanan.

"Tugas TNI dan Polri adalah pengamanan, sehingga kami meminta agar bersikap netral serta profesional," tandas Arif

Menurutnya, wilayah Sampang menjadi perhatian khusus bagi Pemerintah Provinsi Jawa Timur hingga ke tingkat Pemerintah Pusat.

“Maka, kami turun langsung mengecek seluruh persiapan anggota dalam pengamanan PSU. Sekaligus silaturahmi dengan tokoh ulama, tokoh Masyarakat, stakeholder, dan penyelenggara,” terangnya

Pada saat yang sama, Kapolda Jatim Irjen Lucky Hermawan mengatakan, gelaran PSU Sampang menjadi barometer kedewasaan masyarakat Jawa Timur dalam hal berpolitik dan berdemokrasi. Terlebih, PSU Sampang menjadi satu-satunya daerah di Indonesia yang 'bermasalah' dan harus digelar pemilukada ulang.

"Kami memandang, penanganan di Sampang ini memerlukan pendekatan-pendekatan khusus. Karena memang kulturnya beda," kata Lucky dalam sambutanya.

Untuk itu, Lucky mengharap dukungan dari para ulama, tokoh masyarakat serta kepala desa agar bahu-membahu mensukseskan PSU yang akan digelar pada 27 oktober mendatang.

"Untuk hal pengamanan, tentu nanti kami akan all out untuk mengerahkan anggota," timpal Lucky. (ros)