Blusukan, KPU Jatim Saksikan Pelantikan KPPS
Cari Berita

Blusukan, KPU Jatim Saksikan Pelantikan KPPS

madura satu
Friday, October 19, 2018

Suasana pelantikan KPPS se-Kecamatan Tambelangan, kemarin. Foto/@madurasatu

SAMPANG - Ketua KPU Provinsi Jawa Timur Eko Sasmito meminta agar pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) pilkada Sampang bisa berjalan sesuai harapan.

Hal itu dia ungkapkan dalam acara pengambilan sumpah kelompok panitia pemungutan suara (KPPS) se-Kecamatan Tambelangan, Jumat (19/10).

Menurut Eko, hal penting yang harus dilakukan oleh KPPS dalam pelaksanaan PSU adalah bersikap netral dan menjaga atau meminimalisir terjadinya pelanggaran.

"Kami sangat yakin, jika setiap penyelenggara (KPPS, red) bisa bersikap netral, maka pelaksanaan PSU akan sukses sebagaimana harapan kita bersama," katanya.

Dikatakanya, pada pelaksanaan PSU nanti, akan banyak pihak luar yang menyoroti pelaksanaan PSU di Sampang. Mereka berasal dari beberapa Kabupaten lain di Indonesia.

"Mereka bersifat independen, yang umumnya berasal dari beberapa universitas atau perguruan tinggi. Mereka akan memantau dan mengawasi secara independen," tegas Eko.

Untuk itu, Eko mewanti-wanti agar setiap penyelenggra ditingkat bawah, baik PPK, PPS dan KPPS bisa menjalankan tugasnya sesuai aturan yang berlaku. Dengan begitu, harapan warga Sampang untuk memiliki pemimpin (Bupati - wakil Bupati ) bisa segera terwujud.

"Kabupaten Sampang ini sudah menjadi perhatian bersama, oleh karena itu nantinya akan ada perhatian yang lebih ketat," pungkasnya.

Pada momen yang sama, Komisioner KPU Sampang Paidi Jauhari juga berharap agar pelaksanaan PSU kali ini menjadi yang terakhir di Sampang. Dalam artian, KPU sangat berharap agar PSU kali ini bisa diterima semua pihak.

"Prinsipnya kami sangat berharap agar semua penyelenggara bisa menjalankan tugasnya sesuia koridor atau aturan yang berlaku," tuturnya.

Dalam pelaksanaanya, pelantikan dan bimbingan teknis KPPS di Kecamatan Tambelangan, terasa sangat istimewa. Itu karena dihadiri tiga orang komisioner KPU Jawa Timur. Mereka adalah Eko Sasmito, Rochani dan Insan Qoriawan. (ros)

close
Banner iklan disini