Kenalkan Sistem ERP pada Mahasiswa
Cari Berita

Kenalkan Sistem ERP pada Mahasiswa

madura satu
Sunday, October 7, 2018

PAMEKASAN – Bertempat di ruang Al-Fatah Universitas Islam Madura (UIM) Pamekasan, dekan Fakultas Tekhnik UIM memaparkan hasil penelitiannya dengan tajuk 'Pengembangan Model Pengawasan Laut Indonesia Berbasis Single Agency Multy Task untuk Meningkatkan Keamanan Laut Indonesia'.

Paparan tersebut disampaikan kepada mahasiswa guna ikut meningkatkan keamanan laut Indonesia.

"Kedaulatan laut sangat penting untuk dijaga," kata Hozairi, dekan Fakultas Tekhnik UIM.

Menurut Hozairi, pentingnya menjaga kedaulatan laut, sejatinya telah ditegaskan oleh pemerintah melalui pembentukan Badan Keamanan Laut (Bakamla) yang merupakan mandat dari Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2014 tentang Kelautan.

"Pembentukan Bakamla ini adalah bentuk keseriusan dalam rangka mengukuhkan supremasi kedaulatan dan hukum di wilayah laut Indonesia," terangnya.

Namun sambung dia, Bakamla belum memiliki sistem informasi yang cukup mumpuni untuk mengawasi dan mengamankan laut Indonesia secara terintegrasi.

"Untuk itu, kami ciptakan aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP) agar Bakamla bisa mempermudah koordinasi semua sumber daya," terangnya.

ERP merupakan suatu sistem informasi yang diperuntukkan guna  mengintegrasi dan mengotomasikan koordinasi yang berhubungan dengan aspek operasi. (anw/ros)


close
Banner iklan disini