Hore! Pemerintah Gratiskan Jembatan Suramadu
Cari Berita

Hore! Pemerintah Gratiskan Jembatan Suramadu

madura satu
Saturday, October 27, 2018

Jembatan nasional suramadu. Foto/facebook

SURABAYA - Presiden Joko Widodo memutuskan untuk mengubah status Jembatan Surabaya-Madura atau Suramadu menjadi jalan umum, dari sebelumnya jalan tol. Itu artinya, melintasi jembatan tersebut tidak dipungut biaya, alias gratis.

Penghapusan tarif tol jembatan Suramadu itu diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di tengah jembatan tersebut, Sabtu (27/10/2018).

Peresmian Tol Suramadu gratis ini, turut dihadiri oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Bupati Bangkalan Abdul Latif, Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna, dan Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani.

Jokowi mengungkapkan, pembebasan tarif tol jembatan Suramadu dilakukan atas masukan dan pertimbangan dari berbagai elemen masyarakat, sehingga dilakukan penyesuaian tarif, seperti di tahun 2015 dan 2016.

"Tetapi, dari kalkulasi yang kita lihat belum memberikan dampak ekonomi bagi Madura. Kalau kita lihat ketimpangan kemiskinan, angka-angka yang bila dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya di Jawa Timur, misalnya Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo, angka kemiskinannya 4 sampai 6,7 persen. Di Madura, angka kemiskinan masih berkisar 16 hingga 23 persen," Kata Jokowi dalam sambutannya.

Oleh sebab itu, sambung Jokowi, atas usulan-usulan tokoh masyarakat dan agama, Pemerintah memutuskan Tol Suramadu gratis per Sabtu, 27 Oktober 2018, mulai pukul 16.28 WIB, dan seterusnya.

"Kami harap dengan menjadi jembatan non tol, pertumbuhan ekonomi Madura semakin baik. Investasi datang semakin banyak, properti, pariwisata, semuanya makin berkembang," papar Jokow. (idr/ros)

close
Banner iklan disini