Gempa Guncang Situbondo, Warga Madura Panik
Cari Berita

Gempa Guncang Situbondo, Warga Madura Panik

madura satu
Wednesday, October 10, 2018

Titik lokasi gempa. Foto/@bmkg

REGIONAL - Gempa berkekuatan 6,4 magnitudo mengguncang Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Kamis (11/10/2018) dini hari.

Guncangan gempa itu terasa begitu kuat hingga ke Pulau Madura. Akibatnya, banyak warga yang panik dan behamburan keluar rumah karena khawatir akan gempa susulan.

Bahkan sebagian besar pasien RSUD dr. Mohammad Zyn Sampang sempat di evakuasi ke area parkir rumah sakit.

Informasi perihal gempa ini dikonfirmasi akun Twitter @InfoBMKG yang merupakan akun resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika.

Gempa tersebut berkekutan 6,4 magnitudo dan terjadi pada 10 km di kedalaman laut, 61 km arah timur laut Situbondo serta tidak berdampak tsunami.

"Gempa Mag:6.4, 11-Oct-18 01:44:57 WIB, Lok:7.42 LS,114.47 BT (61 km TimurLaut SITUBONDO-JATIM), Kedalaman:10 Km, tidak berpotensi tsunami," tulis akun resmi BMKG.

Posko BNPB telah mengkonfirmasi dampak gempa ke BPBD Provinsi Jawa Timur. Data sementara dampak gempa dilaporkan tiga orang meninggal dunia dan beberapa rumah mengalami kerusakan. Daerah yang terparah adalah di Kecamatan Gayam Kabupaten Semenep Jawa Timur.

"Ketiga korban adalah Nuril Kamiliya (7), H. Nadhar (55) dan Suhamar (70). Mereka adalah warga Desa Prambanan, Kecamatan Gayam, Kepulauan Sapudi, Sumenep," kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB dalam siaran persnya.

Menurut Sutopo, gempa terasa di sebagian besar wilayah Jawa Timur meliputi Kabupaten/Kota Situbondo, Jember, Banyuwangi, Lumajang, Kab. Probolinggo, Kota Probolinggo dan Bondowoso.

Disamping itu, gempa juga terasa kuat di Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Kab. Pasuruan , Kota Batu, Kota Malang,  Kab. Malang, Kab. Blitar, Surabaya, Sidoarjo, Jombang, Kab. Mojokerto, dan Kota Mojokerto. (ros)