UIM Perkuat Kemendirian Warga Pesisir
Cari Berita

UIM Perkuat Kemendirian Warga Pesisir

madura satu
Saturday, September 15, 2018


PAMEKASAN - Civitas akademika fakultas ekonomi, Universitas Islam Madura (UIM) berupaya meningkatkan kemandirian warga pesisir di Desa Brenta Tinggi, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan melalui kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan di daerah itu.

"Kami berharap melalui PKM dan pemberdayaan yang sudah berjalan ini mampu meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan nelayan di daerah pesisir," kata Agus Sugiono pewakilan dosen FE UIM.

Ia mengatakan, PKM yang sudah berjalan dalam beberapa tahun terakhir di kawasan pesisir Kabupaten Pamekasan diharapkan mampu memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat pesisir di daerah itu.

"Dengan demikian PKM juga diharapkan memberi motivasi bagi masyarakat sekaligus mampu memancing pemangku kepentingan lain untuk bersama-sama membangun ketangguhan masyarakat pesisir," timpalnya.

Menurut praktisi ekonomi UIM itu,  salah satu potensi di wilayah pesisir yang amat mudah dikembangkan adalah dengan memanfaatkan potensi laut. Semisal memasarkan produk olahan hasil laut, krupuk ikan dan ikan kering kemasan.

"Jadi kedepan, hasil tangkapan nelayan tidak harus dijual dalam bentuk ikan segar. Melainkan bisa berupa produk olahan ikan,".

Sedangkan untuk sistem pemasaran, sambung Agus, kalangan muda desa setempat bisa menggunakan pola daring (online) dan menjual di gerai toko nirlaba.

"Saat ini, produk olahan hasil laut sudah bisa dijumpai di Gerai Challista (Pusat oleh-oleh khas Madura), bahkan dalam waktu dekat akan dipasarkan di toko nirlaba Basmalah dan salah satu situs jual beli online," papar Agus, meyakinkan. (anw/ros)