Ribuan Warga Meriahkan Festival Egrang
Cari Berita

Ribuan Warga Meriahkan Festival Egrang

madura satu
Sunday, September 2, 2018


SUMEMEP : Sekira 2.013 warga di Kabupaten Sumenep meramaikan festival egrang sebagai bagian dari program visit Sumenep, Minggu (2/9/2018).

Kegiatan yang dipusatkan di depan Masjid Agung Sumenep itu diikuti oleh warga dari berbagai usia dengan mengitari sejumlah ruas jalan di kawasan Alun-alun Kota.

Yang menjadi unik, ribuan peserta egrang itu mengenakan pakaian unik khas Madura. Yakni ala Sakera dan Marlena.

Bupati Sumenep A Busyro Karim menuturkan, selain sebagai upaya pelestarian tradisi dan budaya, festival egrang juga diharapkan menambah kunjungan wisata seiring digulirkanya program visit Sumenep 2018.

"Pemerintah kembali mengingatkan pada generasi milenial akan tradisi egrang, supaya kedepan tidak punah," ucap Busyro Karim, Minggu (2/9/2018).

Menurut Bupati dua periode itu, festival egrang bukan hanya sebatas melestarikan tradisi, tetapi juga bagian dari menyatukan langkah pembangunan Sumenep ke depan dengan cara kebersamaan dan kekompakan.

"Tentu ini juga menjadi bagian dari menyatukan langkah dalam membangun Kabupaten Sumenep tercinta," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum sekaligus pendiri Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia (Leprid) Paulus Pangka menyatakan, festival egrang yang diselenggarakan Pemkab Sumenep termasuk dalam kriteria superlatif.

Menurutnya, kegiatan tersebut menjadi yang pertama kali digelar di Indonesia dan ada di Sumenep. Sehingga prestasi ini layak diapresiasi.

"Jalan sehat menggunakan egrang merupakan yang pertama kali di Kabupaten Sumenep dengan melibatkan ribuan peserta dan pakaian unik," tuturnya. (pri/ros)

close
Banner iklan disini