Dosen Pertanian UIM Sosialisasikan Pemanfaatan Bioflok
Cari Berita

Dosen Pertanian UIM Sosialisasikan Pemanfaatan Bioflok

madura satu
Monday, September 10, 2018




PAMEKASAN - Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, tim dosen Fakultas Pertanian Universitas Islam Madura (UIM) bersama sejumlah mahasiswanya melangsungkan sosialisasi penggunaan Bioflok bagi pembudidaya lele di Desa Blumbungan dan Desa Tlageh,  Pamekasan, (10/9).

Sosialisasi penggunaan Bioflok tersebut merupakan rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM). Dengan harapan pembudidaya lele bisa memanfaatkan lahan dengan skala kecil namun memiliki tingkat peluang yang tinggi. 

"Untuk membudidayakan lele, tidak harus menggunakan lahan yang luas, namun kita bisa memanfaatkan penggunaan Bioflok yang lebih simple dan efisien," Kata Dayat.

Saat ini kata Dayat. Pemanfaatan lahan sempit bisa menjadi peluang usaha. Bahkan hasil budidaya lele melalui sistem Bioflok juga tidak kalah dengan hasil budidaya pada umumnya. 

"Selain mensosialisasikan penggunaan Bioflok, kami juga ingin mendorong sistem pemasaranya, sehingga nantinya pembudidaya lele tidak lagi kesulitan untuk menjual lele yang didapat dari sistem Bioflok," timpal Dayat.


Dosen Prodi Ilmu Perikanan Fakultas Pertanian UIM itu berharap, kegiatan dimaksud bisa bermanfaat dan dapat meningkatkan penghasilan bagi masyarakat. "Yang terpenting adalah, pembudidayaan ikan jenis air payau ini bisa menjadi mata pencaharian baru bagi masyarakat. Sehingga dapat mengurangi ketergantungan pencari kerja, " paparnya. (anw/ros)