DDII Sumenep Shalat Idul Adha Lebih Awal
Cari Berita

DDII Sumenep Shalat Idul Adha Lebih Awal

madura satu
Tuesday, August 21, 2018


SUMENEP - Ratusan jamaah Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) Kabupaten Sumenep melaksanakan shalat Idul Adha lebih awal dari ketentuan pemerintah, yakni pada hari selasa (21/8).

Mereka melangsungkan shalat idul adha di GOR Ahmad Yani, Kecamatan Kota, Sumenep.

Ditemui usai shalat idul adha, Ketua DDII Sumenep, Anwar Luthfi menjelaskan, dalam hal penetapan idul adha pihaknya berpatokan pada waktu wukuf di Arafah. Keputusan tersebut sebagaimana menjadi kesepakatan para ulama DDII.

"Setelah berkonsultasi dengan para masyaikh di Mesir, ternyata pandangannya juga begitu. InsyaAllah empat madzhab pun pandangannya seperti itu, bahwa penentuan wukuf itu sebaiknya dalam satu ketetapan global," kata Anwar Luthfi, Selasa (21/8/2018).

"Jadi kita wukuf itu mengikuti ketentuan di Saudi Arabia, berdasarkan hasil rukyah wali Mekah," imbuh lelaki yang juga bertindak sebagai khatib itu.

Dijelaskan Anwar, pihaknya melaksanakan shalat idul adha pada hari ini (selasa, red) karena berdasar pengamatan DDII, kemarin sore, 20 Agustus 2018, posisi bulan di Indonesia sudah memasuki masa 10 hari.

"Jadi kalau kemarin sore usia bulan 10 hari, insyaAllah hari inilah yang paling tepat untuk melaksanakan salat Idul Adha," terangnya kepada wartawan.

Seperti umat muslim pada umum, usai melaksanakan salat Idul Adha, para jemaah DDII ini kemudian melakukan pemotongan hewan kurban yang selanjutnya disebar luaskan kepada masyarakat. (pri/ros)