Cuaca Buruk, Pelayaran Jarak Jauh Ditangguhkan
Cari Berita

Cuaca Buruk, Pelayaran Jarak Jauh Ditangguhkan

madura satu
Saturday, June 16, 2018


SUMENEP - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas V Kalianget, Kabupaten Sumenep menunda sementara aktivitas pelayaran jarak jauh karena gelombang tinggi tengah terjadi di perairan Kabupaten Sumenep.

Kepala KSOP Kelas V Kalianget Supriyanto menuturkan, gelombang laut di perairan Kabupaten Sumenep khususnya wilayah Kangean dan Masalembu mencapai 2 hingga 3 meter. Sehingga hal itulah yang menjadi alasan penundaan sementara aktivitas pelayaran di wilayah itu.

"Kalau tinggi gelombang mencapai 2 hingga 3 meter pelayaran kita tunda dulu. Keselamatan tetap menjadi yang utama," ujar Supriyanto, Sabtu (16/6/2018).

Penundaan sementara pelayanan ini lanjut Supriyanto diberlakukan untuk pelayaran jarak jauh. Sedangkan pelayaran jarak dekat seperti tujuan Sapudi serta Raas masih memungkinkan namun tetap mengacu terhadap kondisi cuaca.

"Pemberangkatan kita tunggu jadwal selanjutnya. Kalau penghentian sementara sampai batas waktu yang tidak ditentukan," tegasnya.

Atas kondisi alam yang tidak bersahabat itu, sambung Supriyanto. Para calon penumpang diminta bersabar dan memaklumi dengan keputusan menunda sementara aktivitas pelayaran.

Sebelumnya, pihak BMKG Kalianget mengeluarkan peringatan dini mengenai kondisi gelombang laut di perairan Kabupaten Sumenep.

Adanya Badai Tropis di sebelah utara Filipina memperkuat terjadinya gelombang di Laut Jawa termasuk diperairan Kabupaten Sumenep khususnya Masalembu dan Kangean yang bisa mencapai hingga 3,5 meter. (pri/ros)

close
Banner iklan disini