KPU Sosialisasikan Pilkada kepada Penyandang Disabilitas
Cari Berita

KPU Sosialisasikan Pilkada kepada Penyandang Disabilitas

madura satu
Tuesday, May 15, 2018


SAMPANG - Suksesnya pelaksanaan Pilkada Sampang pada 27 Juni mendatang menjadi harga mati bagi Komisi Pemilihan umum (KPU) setempat. Untuk itu KPU terus menggencarkan sosialisasi kepada semua elemen.

Selasa (15/5/2018). KPU Sampang melakukan sosialisasi kepada penyandang disabilitas atau kaum difabel bertempat di SMKN 2 Sampang.

Pada pelaksanaanya, KPU juga menggandeng Dinas Sosial (Dinsos) setempat untuk memberikan materi kepada penyandang disabilitas.

Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Sampang, Miftahur Rozaq mengungkapkan, sosialisasi yang dilakukan KPU merupakan bagian dari upaya untuk mendongkrak partisipasi masyarakat. Selain itu juga bagian dari pemenuhan hak konstitusi  penyandang disabilitas dan pemilih pemula agar bisa menggunakan hak pilihnya pada hari pencoblosan.

”Sosialisasi terhadap penyandang disabilitas ini merupakan hak konstitusi setiap warga. Tak terkecuali penyandang disabilitas, sebab pemenuhan hak konstitusi itu diatur oleh undang-undang," kata Miftahur Rozaq disela-sela penyampaian materi sosialisasi, Selasa (16/5).

Kata Miftahur Rozaq. Secara aturan, KPU juga diharuskan untuk memastikan aksesibilitas terhadap semua segmen pemilih.

”Untuk itu kami memberikan perhatian lebih kepada para pemilih yang memiliki kebutuhan khusus dan pemilih pemula. Sehingga mereka bisa memilih secara benar dan sah," tuturnya.

Dijelaskanya, secara kelembagaan KPU telah menginstruksikan kepada PPK maupun PPS di Kabupaten Sampang agar memfasilitasi pemilih disabilitas sehingga bisa mengakses lokasi TPS.

"Termasuk menyediakan sarana khusus terkait penyedian surat suara seperti templet/braille. Sehingga kami pastikan semua pihak kami fasilitasi hak konstitusinya," paparnya. (idr/ros)